Rabu, 12 September 2012

penyebab penyakit pneumonia

Penyebab Penyakit Pneumonia
penyebab PneumoniaPneumonia. Apakah Anda mengerti tentang penyakit yang satu ini? Pneumonia ada yang akut dan kronis yang biasanya ditandai dengan peradangan pada satu bagian paru-paru atau keduanya. Penyakit ini disebabkan oleh serangan dari virus, bakteri dan mikroorganisme lainnya, atau juga bisa disebabkan dari infeksi zat kimia.
Kantung udara atau alveoli dalam paru-paru berisi nanah dan cairan lainnya. Hal ini akan membuat oksigen kesulitan untuk masuk dalam darah sehingga menyebabkan sesak nafas yang terus menerus. Saat pneumonia sudah parah, infeksi ini bisa menyebar ke organ-organ lain dalam tubuh.
Penyakit ini, dikategorikan menjadi 2 tingkat, dari yang rendah sampai parah. Parah dan tidaknya tingkat penyakit ini, tergantung dari penyebab virus atau organisme yang menyebabkan pneumonia, serta usia dan tingkat kesehatannya dari si penderita.
Pneumonia terdiri dari 3 jenis menurut lokasi paru-parunya yang terserang
1. Pneumonia Lobar, yaitu jenis pneumonia yang menyerang 1 lobus paru-paru
2) Pneumonia interstisial
2. Bronkopneumonia, yaitu jenis pneumonia yang menyerang seluruhnya
Penyebab Pneumonia
Penyakit ini bisa disebabkan dari bakteri, virus, atau penyebab lainnya.
Bakteri yang bisa menyebabkan penyakit ini adalah:
- Streptococcus pneumoniae. Bakteri ini berkontribusi menimbulkan pneumonia sebesar 2%. Biasanya disertai dengan virus influenza dan berkembang setelah 5 hari dari waktu timbulnya flu.
- Haemophilus influenzae merupakan bakteri kedua yang paling umum menyebabkan pneumonia.
- Sedangkan, Pseudomonas aeruginosa adalah penyebab utama pneumonia yang biasanya terjadi di rumah sakit. Pneumonia jenis ini paling umum terjadi pada pasien dengan penyakit paru-paru yang tergolong kronis atau berat.
- Bakteri lain yang bisa menyebabkan pneumonia adalah E. coli, Proteus dan Enterobacter.
Sedangkan jenis Virus bisa menyebabkan radang paru-paru, baik secara langsung ataupun tidak langsung bisa juga menjadi penyebab pneumonia, yang terdiri dari:
- Virus Influenza. meskipun flu penyakit yang umum dan sederhana tetapi jika kondisi imun tubuh dalam kondisi yang buruk maka bisa terserang penyakit ini.
- Virus Pernafasan Syncytial. Virus ini merupakan penyebab utama pneumonia pada bayi atau orang dengan sistem kekebalan yang telah rusak.
- Virus Herpes. Virus ini biasanya menyerang orang dengan sistem kekebalan tubuh yang lemah.
Kemungkinan lain penyebab pneumonia adalah:
- Infeksi pada saluran pernapasan bagian bawah yang menyebabkan peradangan.
- Pneumonia juga bisa disebabkan oleh zat kimia kaustik yang dihirup, kemudian menuju ke dalam paru-paru.
- Merokok, minum alkohol, gagal jantung, diabetes, atau memiliki penyakit paru-paru, juga bisa menyebabkan pneumonia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar